Zahra co.id merupakan web e-commerse yang menawarkan buku-buku agama islam baik fiksi maupun non fiksi bahkan tersedia juga pengetahuan umum yang merupakan produk dari Zahra bookstore . Produk yang ditawarkan berlaku untuk semua kalangan usia baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Proses bisnis yang ditawarkan adalah dengan melakukan pembayaran melalui rekening bank, tunai, kartu kredit dan mobile wallet. Sarana pembayaran yang ditwarkan cukup banyak dengan harapan memudahkan konsumen. Proses pemesanan dengan menyertakan alamat konsumen dan akan dilakukan pengiriman barang sesuai alamat yang disertakan. Syarat untuk melakukan pembelanjaan disini adalah harus menjadi anggota (member) dengan melakukan pendaftaran untuk pertama kali melakukan pembelanjaan. Fasilitas member ini memberikan rasa aman kepada konsumen sehingga kantong belanja menjadi milik pribadi yang tidak bias sembarangan dalam mengaksesnya.
Tampilan dari web ini sederhana dengan background warna putih disertai beberapa warna dari buku-buku yang ditawarkan sehingga memberikan warna terhadap web tersebut. Header dari web ini belum begitu menonjol yang mampu menggambarkan isi dari web tersebut hanya sebuah nama “Zahra” disertai tampilan produk buku-buku yang berjalan. Penempatan menu pada header bagian atas dengan font begitu kecil menyerupai kalimat informasi yang berjalan di bawahnya sehingga sedikit membingungkan dan tidak menonjol yang mampu menarik user dalam melakukan pencarian cepat atau sesuai keinginannya. Selain itu, letak toolbox search yang kecil dan diletakkan di pojok kanan atas dinilai belum dapat membantu user dalam melakukan pencarian secara cepat.
Secara umum, tampilan penawaran bisnis online produk buku bagus mampu menampilkan produk berdasarkan kategori, peringkat serta predikat dari masing-masing produk sehingga mampu membantu konsumen dalam berbelanja dan mampu menarik pihak konsumen. Produk yang berjalan di header merupakan produk best seller dengan harapan menarik konsumen untuk membeli, tapi tidak informasi terkait predikat untuk buku-buku tersebut. Hal ini juga membantu mempercepat konsumen untuk berbelanja dengan mengklik salah satu buku makan akan memberikan informasi secara detail tentang buku tersebut.
Selain itu, ada beberapa predikat yang ditampilan pada halaman utama antara lain buku baru, buku terpopuler, top 5 zahra dan lain-lain. Selain itu, jika ingin melakukan pencarian terhadapa sebuah bahasan tertentu maka telah tersedia kategori yang mengelompokkan produk buku tersebut. Selain itu, juga tersedia katalog untuk melihat semua produksi buku berdasarkan abjad. Untuk setiap predikat, visualisasi informasi disampaikan dengan baik didukung harga beserta diskon, skor dari konsumen sehingga akan membantu konsumen dalam membeli suatu produk serta sebuah strategi dalam melakukan publikasi produk.
Beberapa layanan pendukung berbelanja digambarkan dalam halaman depan. Contact centre disediakan untuk membantu komunikasi antara konsumen dan penjual dalam jual beli. Selain itu, box login untuk memudahkan member dalam berbelanja dan media menarik user untuk bergabung menjadi member. Selain itu, ada member card sebagai sarana publikasi daya tarik untuk bergabung menjadi member. Informasi pembayaran ditampilkan sehingga memberikan gambaran tentang kemudahan dalam berbelanja. Serta didukung kolom berita serta video terbaru untuk mempercantik tampilan.
Untuk melihat detail dari sutu buku, visualisasi disampaikan dengan mengklik gambar buku tersebut. Kemudian akan muncul halaman baru dan akan dituliskan detail dari buku serta button melakukan belanja. Selain itu, juga tersedia button untuk melihat lebih jelas cover buku. Proses belanja dilakukan dengan mengklik buku kemudian akan diberikan detail harga setelah dilakukan diskon. Jika disetujui OK dan jika ingin menghilangkan dari keranjang belanja klik del. Kemudian terdapat 2 button yang akan menawarkan belanja lagi atau selesai belanja. Jika memilih belanja lagi, maka akan diantarkan ke halaman depan untuk melakukan belanja sedangkan jika selesai belanja maka anda harus menuliskan alamat lengkap pengiriman barang.Konsumen akan mendapatkan konfirmasi belanja sehingga menjaga kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi.
Oleh karena itu, web ini sudah baik dalam melaksanakan proses bisnis online. Memberikan gambaran yang membantu pengguna di halaman depan untuk melakukan belanja disertai pengenalan tentang web tersebut. Proses belanjanya mudah diikuti sehingga dirasa fasilitas help tidak harus ada dan tampilan yang konsisten juga membantu konsumen nyaman dengan situs tersebut. Selain itu, kelebihan dari situs ini memberikan tawaran diskon yang cukup tinggi dibandingkan buku di pasaran sehingga mampu menarik minat konsumen.
website yang padat dan sarat isi.
BalasHapussedikit review:
1. terlalu banyak animasi bergerak yang menarik perhatian pandangan mata.
2. website terlalu panjang ke bawah.
3. peletakkan menu2 yang tidak berkelompok, sehingga cukup memusingkan dalam mencarinya.
http://yantia07.student.ipb.ac.id
BalasHapusnumpang komen y..menurut pendapatku, situsnya belum memiliki tata letak yang perlu perbaikan, misalnya sala untuk logi, search, pengelompokkan bukunya. Meskipun sudah bagus ada pengelompokkannya tapi tata letaknya seharusnya jangan terlalu di bawah. Q setuju pendapatnya lugina, terlalu banyak animasi. q kan minus...
yup.. aku setuju dengan dua pendapat diatas.. wah, jadi bingung mau komen apa lagi?
BalasHapusspertinya sudah di borong habis ya..
wahyu sudrajat (g54070019)
student blog
http://wahyus07.student.ipb.ac.id/
another blog
http://radenwahyu.blogspot.com/
hmmm, perfect....
BalasHapusmungkin liat bisnis prosesnya juga kali ya
lazuardi07.student.ipb.ac.id
BalasHapusyap,,setuju juga sama 2 komen awal
banyak gambar bergerak bikin lama buka halamanya buat yg koneksinya lemah
pertama buka, langsung disambut fungsi marquee. mata saya ngeliatnya kesitu lagi kesitu lagi...
BalasHapusmenurut saya pengelompokkan bukunya masih perlu diatur lagi.
teruuus,, itu button keranjang belanja emang bagus ya kalau naik turun begitu ?
http://ikai07.student.ipb.ac.id/
BalasHapus>gambar di atas menu itu apa maksudnya ya,.. self hypnosis revolution disertai gambar kepala liat lampu. apa hubungannya dengan e-commerce yang menjual buku islami? sepertinya tidak nyambung
>pertama buka langsung disambut dengan jejeran cover buku yang terus bergerak. bukan kesan baik yang diterima namun sebaliknya. apalagi juga sinyal internet lemah, loading untuk menampilkan gambar cover buku ini lumayan lama terkadang malah tidak tampak sempurna.
http://putrip08.student.ipb.ac.id/
BalasHapusIya, setuju sama Kak Ika. Maksud gambar di atas header itu apa ya?? Mungkin iklan kali kak.
Tampilan slide show-nya juga agak mengganggu. Jadi kurang nyaman pandangannya..